Jumat, 12 Agustus 2011

Hikmah Ramadhan

Ramadhan adalah bulan ke-9 sesudah bulan Syaaban, diambil dari kata “ramda”, yang artinya batu panas. Ini menggambarkan saat nama tersebut diberikan, keadaan amat panas. Di bulan ini seluruh umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dan memperbanyak amalan yang dapat mendekatkan manusia dengan pencipta-Nya. Berbicara tentang Ramadhan banyak keistimewaan yang dapat kita petik dari hikmah Ramadhan itu sendiri, antara lain :
1. Amal ibadah yang kita kerjakan pahalanya dilipat gandakan oleh Allah SWT.
2. Kita dapat mengerjakan Sholat Tarawih yang hanya dikerjakan saat bulan Ramadhan tiba.
3. Dengan berpuasa di bulan Ramadhan kita dapat merasakan nasib saudara kita yang kurang beruntung.
4. Adanya Nuzul Qur'an pada malam ke-17 Ramadhan dapat menuntun kita untuk merenungkan kembali betapa besarnya manfaat dari mukjizat Nabi Muhammad SAW bagi kita manusia untuk mencari petunjuk dalam mengarungi kehidupan yang hanya sementara ini.
5. Mengeluarkan Zakat Fitrah dapat membersihkan harta kita, selain itu juga bertujuan agar fakir miskin turut merasakan kegembiraan di hari kemenangan. Sebagaimana Ibnu Abbas menyatakan: “Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah, untuk membersihkan orang yang berpuasa daripada ucapan yang tidak ada manfaatnya dan kata-kata yang kotor, serta untuk memberikan makanan kepada orang-orang miskin.” (Hadis Riwayat Abu Daud).
6. Manusia kembali kepada fitrahnya yang artinya manusia kembali suci dari dosa-dosa yang telah diperbuat di masa lalu. Inilah kemenangan yang sesungguhnya bagi orang-orang yang benar-benar memanfaatkan Bulan Suci Ramadhan sebagai moment untuk mendekatkan diri kepada Illahi Robby....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar